Selasa, 01 Juni 2010

5 Makanan Penguat Otot

Written by freakazoid

Ada hubungan yang sangat erat antara otot yang kuat dengan kesehatan tubuh, begitu menurut Robert Wolf, pakar kesehatan dari University of Arkansas. Pendapat tersebut diperkuat oleh fakta bahwa otot kita bekerja keras untuk membantu kita bergerak, mencerna makanan dan memompa nutrisi ke seluruh tubuh. Selain itu otot juga menyuplai asam amino untuk menjaga agar jantung otak, kulit dan organ-organ tubuh kita lainnya tetap kuat.

Untuk mempertahankan otot yang kuat dan sehat diperlukan pola makan yang tepat. Berikut ini adalah daftar lima makanan yang bisa memperkuat otot anda:

Ikan

Terutama jenis-jenis ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, tuna dan ikan sardin. Karena ikan-ikan tersebut mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan otot dan menyediakan materi-materi untuk menciptakan atau memperbaiki jaringan tubuh lainnya.

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi ikan yang kaya akan omega-3 setiap minggunya.

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan sumber potasium dan antioksidan, yang amat berguna dalam pembentukan otot. ”Siapapun yang rajin berolahraga dan melatih otot mereka pasti akan menghasilkan radikal bebas. Antioksidan akan membantu pelepasan radikal bebas tersebut dan memperbaiki otot serta jaringan tubuh yang rusak.,” jelas Tara Gidus, ahli diet olahraga dari American Dietetic Association.

Makanan kaya potassium seperti ubi jalar juga dapat menangkis efek negatif dari konsumsi makanan yang banyak menghasilkan asam dalam tubuh, seperti daging dan beberapa produk susu yang dapat mengurangi massa otot.

Makanan lain yang sarat potassium diantaranya paprika, kiwi, melon dan jeruk. Idealnya, anda harus mengonsumsi 5-9 porsi sayuran dan 3 porsi makanan berpotasium setiap harinya..

Yoghurt rendah Lemak

Yoghurt rendah lemak sarat akan protein, potassium, kalsium dan vitamin D, yang semuanya bekerja bersamaan untuk memastikan agar otot anda bekerja dengan baik.

Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin D dalam tubuh akan terikat pada bagian otot dan akan meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan otot.

Pilihlah merek yoghurt yang disertai dengan vitamin D dengan konsumsi ideal sebanyak 6-8 ons per hari.

Quinoa

Quinoa (keen-wah), adalah biji-bijian asli Amerika Selatan yang kaya karbohidrat baik sebagai sumber energi manusia. Selain karbohidrat, Quinoa juga mengandung protein, potassium dan zat besi yang semuanya berguna untuk memperkuat dan meningkatkan massa otot.

Nikmati setengah mangkuk quinoa yang dipadukan dengan buah-buahan kering dan kacang-kacangan untuk sarapan. Atau bisa juga ditambahkan pada sup, kaserol atau salad. Quinoa dapat ditemui di deretan seral di supermarket-supermarket ternama.

Kuaci

Cemilan yang berasal dari biji labu kuning ini memiliki banyak muatan magnesium, mangan, zat besi dan tembaga.

Mineral-mineral tersebut saling bekerja sama untuk membangun jaringan tubuh, membentuk enzim-enzim penunjang sel-sel tubuh dan tentu saja memaksimalkan massa otot. Magnesium dapat membantu terciptanya protein yang dibutuhkan oleh otot. Mangan berfungsi untuk menghasilkan protein pembentuk antioksidan untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak. Sedangan zat besi baik untuk meningkatkan daya tahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar