Minggu, 20 Desember 2009

PHOTOSHOP

Adobe Photoshop adalah suatu program aplikasi yang penyuntingan gambarnya berbasis bitmap terpopuler yang banyak digunakan. Baik pada komputer yang berbasis Windows maupun Macintosh.

Adobe photoshop banyak digunakan oleh para graphic designer, fotografer, kartunis, animator, hingga web developer.

Kelebihan photoshop dibandingkan para kompetitornya adalah kemampuan untuk mengolah warna yang variatif dan akurat. Warna yang akan digunakan dapat diklalibrasikan dengan monitor untuk mencegah kesalahan pencetakan warna pada saat proses printing. Jenis warna yang digunakan itu dapat berupa CMYK yang terdiri dari warna-warna cyan, magenta, yellow, dan black maupun jenis warna lainnya,seperti RGB, duotone, grayscale, dan lab color. Akan tetapi semua kelebihan itu harus dibayar dengan kebutuhan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Kelebihan photoshop ini juga ditunjang dengan banyaknya goodies atau plug in yang dapat didownload dari internet.

Adobe pernah mengklaim bahwa penjualan photoshop diseluruh dunia 80% dari seluruh aplikasi penyunting gambar. Berarti photoshop hampir 4x lebih populer digunakan dibandingkan kombinasi seluruh kompetitornya. Dalam sejarah perkembangannya, photoshop selalu melakukan perbaikan, bahkan pembongkaran ulang kemampuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar