Jumat, 01 April 2011

Penggunaan Busway Transjakarta

PENGGUNAAN BUSWAY TRANSJAKARTA

Pendahuluan

Latar Belakang

Bus Transjakarta memulai operasinya pada tanggal 15 Januari 2004 dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta. Untuk mencapai hal tersebut, bus Transjakarta diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lainnya (termasuk bus). Agar terjangkau oleh masyarakat, maka harga tiket disubsidi oleh pemerintah daerah. Di harapkan fasilitas bus transjakarta yang ada dapat menjadi sarana transportasi yang lebih efektif dan efisien bagi para penggunannya dan dapat menjadi transportasi yang lebih baik bagi masa mendatang.

Pada saat awal beroperasi, Transjakarta mengalami banyak masalah, salah satunya adalah ketika atap salah satu busnya menghantam terowongan rel kereta api. Selain itu, banyak dari bus-bus tersebut yang mengalami kerusakan, baik pintu, tombol pemberitahuan lokasi halte, hingga lampu yang lepas.

Selama dua minggu pertama, dari 15 Januari 2004 hingga 30 Januari 2004, bus Transjakarta memberikan pelayanan secara gratis. Kesempatan itu digunakan untuk sosialisasi, di mana warga Jakarta untuk pertama kalinya mengenal sistem transportasi yang baru. Lalu, mulai 1 Februari 2005, bus Transjakarta mulai beroperasi secara komersil.

Sejak Hari Kartini (21 April) 2005, TransJakarta memiliki pramudi perempuan sebagai wujud emansipasi wanita. Pengelola menargetkan bahwa nanti jumlah pramudi wanita mencapai 30% dari keseluruhan jumlah pramudi. Sampai dengan bulan Mei 2006, sudah ada lebih dari 50 orang pramudi wanita.

Tujuan

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memperoleh gambaran seberapa besar kebutuhan masyarakat terhadap transportasi busway transjakarta yang disediakan oleh pemerintah daerah DKI Jakarta.

Manfaat

Penulisan ini dapat dimanfaatkan sebagai masukan bagi pihak pengelola Bus Transjakarta. Masukan ini nantinya dapat digunakan untuk menentukan langkah dalam peningkatan kualitas dan kuantitas fasilitas busway untuk ke depannya agar pihak transjakarta dapat dirasakan lebih optimal oleh pengguna busway.

PEMBAHASAN

Pengertian busway dalam pemahaman sebagian orang adalah sebuah bus khusus yang memiliki jalur sendiri dan bebas dari kemacetan. Banyak sekali masyarakat yang berminat menggunakan transportasi bus transjakarta tersebut. selain dapat menjauhi kemacetan juga fasilitas kenyamanan di dalamnya yang cukup memadai. Di dalam bus transjakarta tersebut status karyawan lebih mendominasi karena lokasi busway transjakarta dibangun di pusat kota yang dapat membantu para karyawan untuk mengakses tempat kerja mereka.

Fasilitas keamanan di dalam bus transjakarta ini sangatlah perlu diperhatikan, karena biasanya pada waktu jam karyawan pulang kantor begitu banyak penuh sekali penumpang yang menggunakan bus transjakarta. Sehingga terdapat pencopet yang memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai aksinya.

Setiap bus dilengkapi dengan papan pengumuman elektronik dan pengeras suara yang memberitahukan halte yang akan segera dilalui kepada para penumpang dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Setiap bus juga dilengkapi dengan sarana komunikasi radio panggil yang memungkinkan pengemudi untuk memberikan dan mendapatkan informasi terkini mengenai kemacetan, kecelakaan, barang penumpang yang tertinggal, dan lain-lain.

Untuk keselamatan penumpang disediakan 8 buah palu pemecah kaca yang terpasang di beberapa bingkai jendela dan 3 buah pintu darurat (koridor 1 - 3 dan 10), 1 pintu darurat (koridor 4 - 9) yang bisa dibuka secara manual untuk keperluan evakuasi cepat dalam keadaan darurat, serta dua tabung pemadam api di depan dan di belakang.

Untuk menjaga agar udara tetap segar, terutama pada jam-jam sibuk, mulai bulan Januari 2005 secara bertahap di setiap bus telah di pasang alat pengharum ruangan otomatis, yang secara berkala akan melakukan penyemprotan parfum.

Kesimpulan

Karayawan lebih mendominasi dalam transportasi bus transjakarta tersebut. Untuk segi keamanan lebih diperhatikan dari segala tindak kriminalitas pada saat jam sibuk pulang kerja.

DAFTAR PUSTAKA

· Anonim, http://id.wikipedia.org/wiki/Transjakarta, 31-03-2011

· Yogi, http://www.suaratransjakarta.org/transjakarta, 31-03-2011

· Rysa Regi, http://rysaregi.blogspot.com/2009/06/sejarah-singkat-trans-jakarta.html, 31-032011

· Anonim, http://www.facebook.com/notes/transjakarta-busway/sejarah-transjakarta/65585786648, 31-03-2011

· Anonim, http://forum.detik.com/semua-tentang-busway-t67929.html?t=67929, 31-03-2011

· Denian, http://denox11.blogspot.com/2010/04/sejarah-dan-rute-busway.html, 31-03-2011

· Anne Ahira, http://www.anneahira.com/pengertian-busway.htm, 31-03-2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar