Kamis, 08 Oktober 2009

Organisasi yang Rusak

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Setiap organisasi itu pasti mempunyai unsur-unsur, antara lain:

1. Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.

2. Proses kerja sama paling sedikit 2 orang

3. Mempunyai kejelasan tugas dan kedudukannya masing-masing

4. Mempunyai tujuan tertentu


1. Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk Bekerja Sama

Organisasi adalah suatu wadah atau pun tempat dimana orang-orang dapat bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Tanpa adanya organisasi kita akan menjadi kesulitan untuk melaksanakan suatu kerja sama, karena setiap orang tidak mengetahui bagaimana cara bekerja sama dalam sebuah organisasi tersebut? Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat berubah wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi para buruh, organisasi kesatuan wanita, organisasi mahasiswa dan sebagainya.

2. Proses kerja sama paling sedikit 2 orang

Suatu organisasi, selain untuk tempat kerja sama juga bisa sebagai proses kerja sama sedikitnya antar 2 orang. Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna.

3. Mempunyai kejelasan tugas dan kedudukannya masing-masing

Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas lagi, dengan demikian kesimpulan dobel pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan.

4. Mempunyai tujuan tertentu

Begitu pentingnya kemampuan untuk mengorganisasi bagi seorang manager. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi yang tidak baik. Dengan cara mengorganisasi secara baik maka akan mendapat keuntungan yaitu, Keuntungan dalam pelaksanaan tugas pekerjaan yang dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif


Selain dari unsur-unsur tersebut, dalam organisasi juga harus memiliki syarat-syarat seperti dibawah ini:

  • Mempunyai nilai dan visi
  • Mempunyai misi
  • Mempunyai aturan tertentu
  • Memiliki jiwa profesionalisme
  • Insentif
  • Mempunyai sumber daya
  • mempunyai rencana kerja yang terarah
Apabila dalam organisasi tidak memiliki salah satu diantara syarat-syarat diatas, maka suatu organisasi tersebut tidak akan sempurna.

Contohnya:
Dalam suatu organisasi apabila tidak memiliki syarat nilai dan visi, maka organisasi itu akan rusak. Maksud rusak disini adalah karena tidak mempunyai nilai dan visi yang jelas dan terarah. Jadi setiap karyawannya juga akan bingung organisasi ini bertujuan atau berpangkal pada apa? Dengan hal ini maka lama-kelamaan organisasi ini akan rusak. Oleh karena itu dalam membuat suatu organisasi kita harus lebih sempurna dan efisien lagi. Jangan sampai hanya dengan kekurangan salah satu syarat tersebut maka organisasi itu menjadi rusak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar