Rabu, 06 Januari 2010

PERKEMBANGAN KOMPUTER

Alat hitung computer pertama kali muncul pada tahun 1822. ketika itu ahli matematika bangsa Inggris ‘Charles Babbage menciptakan suatu mesin hitung yang disebut dengan difference engine. Mesin itu dipakai untuk menghitung table-tabel matematika.

Kemudian pada tahun 1833, Chareles Babbage mengembangkan kembali difference engine dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Mesin selanjutnya ini diberi nama analytical engine. Mesin ini dapat melakukan kalkusai apa saja, sehingga mesin ini untuk pertama kalinya dikenal sebagai generasi purpose digital computer.

Mesin itu sangatlah besar bagi dunia computer zaman sekarang, karena prinsip kerja dari kedua mesin itu merupakan dasar kerja dari computer sekarang, termasuk didalamnya juga terdapat peralatan input, memori computer, stored program dan lain-lain. Karena sumabangan mesin ini yang sangat besar, maka Charles Babbage dianggap sebagai bapk computer modern.

Setelah Charles Babbage meninggal, tidak ad lagi kemajuan yang berarti yang perlu dicatat. Pada tahun 1937 Prof.Howard Aikem, seorang ahli matematika dari Universitas Harvard mulai merancang pembuatan sebuah computer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Pada walnya computer tersebut secara mekanik elektronik. Namun dengan bantuan perusahaan IBM, pada tahun 1944 komputer itu dapat terselesaikan secara elektronik.
Computer itu diberi nama “Harvard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC)”. Computer itu merupakan suatu realisasi dari apa yang diimpikan oleh Charles Babbage. Jika dibandingkan dengan computer yang sekarang, tentunya memiliki perbedaan yang sangat jauh seklai, terutama dalam hal kecepatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar